Kamis, 04 Juni 2020

Sedekah Oksigen, Why Not?


Pohon yang diidentikkan dengan hutan merupakan salah satu sumber kehidupan yang berada di sekitar kita. Manusia dan pepohonan hidup berdampingan dan saling menguntungkan satu sama lain. Sebagai makhluk yang tidak lepas dari alam, tentu manusia sangat membutuhkannya. Hal ini dikarenakan pohon mampu menghasilkan banyak hal yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup. Banyak orang tak sadar manfaat besar yang dimiliki pepohonan. Mereka akan menganggap biasa keberadaan banyak pohon di lingkungannya dalam kehidupan keseharian. Mereka tak menyadari, saat pepohonan itu tak ada lagi, terjadi perubahan besar pada lingkungan.  Pohon terdiri dari akar, daun, batang, buah, dan juga biji yang mana fungsi dari bagian tubuh tersebut bermacam-macam dan sangat berguna bagi dirinya sendiri maupun makhluk hidup yang lain.

Gambar 1. Manfaat Tanaman Untuk Kehidupan 

Manusia tidak akan pernah lepas dari oksigen. Sebagai salah satu syarat makhluk hidup manusia pasti bernafas. Dalam aktivitas bernafas, manusia membutuhkan udara untuk dihirupnya. Udara yang kita hirup sebenarnya tidak 100% oksigen, karena terdapat kandungan gas lain. Komposisi kandungan udara yang digunakan manusia untuk bernafas adalah 78% nitrogen, 20% oksigen, 1% argon dan gas lain kurang lebih 1%. Gas yang diserap oleh tubuh barulah oksigen. Jadi walaupun gas-gas lainnya juga ikut dihirup, maka hanya oksigenlah yang diserap, sedangkan yang lainnya akan dikeluarkan kembali.



Banyaknya udara yang dihirup manusia 

Rata-rata manusia dewasa membutuhkan 7 sampai 8 liter setiap menitnya. Sehingga setiap harinya manusia membutuhkan sekitar 10.080 sampai 11.520 liter. Udara yang dihirup sekitar 20% oksigen dan udara yang dihembuskan sekitar 15% oksigen. Jadi sekitar 5% dari volume udara dikonsumsi dalam setiap nafas dan diubah menjadi karbon dioksida.


Dalam beritasatu.com disebutkan satu pohon mampu menghasilkan 1,2 kilogram (kg) oksigen per hari. Sementara setiap orang perlu 0,5 kg oksigen per hari. Jadi, dengan kita bersedekah satu pohon ternyata kita secara tidak langsung bersedekah bagi kehidupan dua orang. 
Dengan banyaknya udara yang dihirup setiap manusia dalam setiap detiknya, maka kebutuhan oksigen yang diperlukan tentulah sangat banyak. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kadar dan jumlah oksigen di sekitar kita.

Sedekah Oksigen
Salah satu manfaat dari bagian tumbuhan adalah sebagai penghasil oksigen. Bagian tumbuhan yakni daun memiliki fungsi menghirup karbondioksida dan mengeluarkan oksigen sehingga kebutuhan oksigen di bumi sampai saat ini masih tercukupi. Melalui proses fotosintesis, tajuk pohon mengurangi kadar CO2 (hasil aktivitas manusia, pabrik, kendaraan bermotor) di udara dan menghasilkan O2 yang sangat diperlukan manusia. Menurut Mudjono (1977), setiap 1 hektare lahan hijau dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2. Proses ini sangat penting sebab gas CO2 sangat beracun dan bila dalam jumlah yang berlebihan akan menimbulkan efek rumah kaca. Namun seiring berjalannya waktu, dan perkembangan jaman yang sarat akan pembangunan akan mempengaruhi kadar jumlah oksigen di bumi. Oleh karena itu, saat ini tengah digalakkan sedekah Oksigen.
Sedekah oksigen adalah gerakan menyumbang oksigen dengan cara menanam pohon atau tanaman sehingga dapat menambah kadar oksigen (O2) yang dibutuhkan manusia dan alam sekitar. Tujuan dari sedekah oksigen ini adalah menjaga ketersediaan lahan sebagai resapan air, menciptakan keseimbangan dan keserasian lingkungan perkotaan, menyumbang pengadaan Ruang Terbuka Hijau menjadi bagian dari sistem sirkulasi udara (paru-paru kota), sebagai produsen oksigen dan penyerap air hujan.
Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk sedekah oksigen diantaranya memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam hortikultura, buah-buahan, dan sebagainya. Dalam hal ini sebenarnya tidak harus memiliki pekarangan rumah yang luas atau sisa tanah yang lebar. Cukup dengan memanfaatkan sisa lahan rumah yang tersisa dengan menanam tanaman. Bagi yang benar-benar sempit dan tidak ada lahan bisa juga memanfaatkan tabulampot, hidroponik, dan sebagainya.
Begitu banyak manfaat pohon bagi kelangsungan dan kualitas hidup manusia, sehingga kita harus bersama - sama berupaya “menghutankan kembali hutan” serta menghijaukan kembali kota. Masalah penghijauan bukan menjadi urusan pemerintah semata. Masyarakat pun harus terlibat aktif. Jangan hanya bisa mengeluh bila kotanya menjadi gersang dan panas. Di sisi lain pemerintah harus tegas dalam memberikan sanksi kepada perusak lingkungan. 



Daftar Pustaka

Anonim. 2017. Bagian – bagian pohon dan manfaatnya bagi kehidupan kita. Diakses melalui www.bobo.grid.id pada tanggal 20 Mei 2020
Anonim. 2016. Berapa harga oksigen yang  kita hirup. Diakses melalui www.tahu-nggak. blogspot.com pada tanggal 28 Mei 2020
Anonim. 2020. Pemkot malang dorong gerakan sedekah oksigen. Diakses melalui www.surabaya.bisnis.com pada tanggal 23 Mei 2020
Lukman. 2018. Bagian – bagian tumbuhan beserta fungsinya diakses melalui www. iwanlukman.blogspot.com pada tanggal 20 Mei 2020
Nadia, ayu. 2019. Sedekah oksigen yuk. Diakses melalui www.kompasiana.com pada tanggal 28 Mei 2020

1 komentar:

  1. No Deposit Bonuses 2021 | Free Play at Oklahomacasinoguru
    No 다이사이 Deposit Bonuses for Slots. No Deposit Bonus Terms and Conditions · First Deposit: 승인전화없는 꽁머니 사이트 100% up 바카라 사이트 총판 to $1000 저녁 메뉴 룰렛 · Second Deposit: 100% up 비트 코인 게임 to $1000.

    BalasHapus