Rabu, 02 Desember 2020

Manfaat Buah, Biji, Bunga, dan Daun Kelengkeng

Kelengkeng merupakan salah satu jenis buah yang paling digemari di Indonesia. Kelengkeng atau yang sering disebut lengkeng ini memiliki rasa yang manis dan tentunya khas. Sehingga memiliki temoat yang spesial di lidah kita.

Namun tahukah kalian bahwa kelengkeng ternyata menimpan banyak manfaat. Tidak hanya dari bagian buah, bagian lain dari pohon yang memiliki nama longan atau bahasa ilmiyahnya Dimocarpus longan ini juga bermanfaat bagi manusia. 

manfaat kelengkeng

Tak ayal beberapa bahan herbal menggunakan bagian dari pohon ini. Penasaran apa saja manfaat dari kelengkeng ini? Yuk simak di bawah ini.


Manfaat Buah Kelengkeng

1. Mengandung Vitamin C

Buah kelengkeng mengandung banyak vitamin c yang baik bagi tubuh. Kadar vitamin C dalam buah kelengkeng ini setara dengan 140% asupan harian yang direkomendasikan. Seperti yang diketahui, Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari stress oksidatif dan beberapa gangguan lainnya.

2. Mengandung Banyak Nutrisi Penting

Tidak hanya Vitamin C, ternyata Lengkeng juga mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi ini bervariasi mulai dari kadar rendah, sedang, hingga tinggi. Sehingga sangat cocok untuk kebutuhan tubuh.

Adapun beberapa nutrisi Kelengkeng diantaranya vitamin, Mineral, tembaga, kalium, dan riboflavin. Meskipun mungkin bukan merupakan buah yang padat nutrisi dibanding buah lainnya, manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan juga menawarkan profil nutrisi yang cukup baik.

3. Mengandung Berbagai Polifenol

Buah kelengkeng adalah sumber polifenol. Menurut jurnal Frontiers in Nutrition, polifenol adalah senyawa kimia yang dianggap memiliki efek kesehatan yang bermanfaat. Di antara manfaat buah kelengkeng ini, peneliti menemukan bahwa polifenol mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk mengatur tekanan darah, kadar lemak, peradangan, dan resistensi insulin.

4. Anti Peradangan

Pada studi dengan tikus oleh Evidence-based Complementary and Alternative Medicine, ekstrak kelengkeng menunjukkan efek penghambatan oksidasi, penurunan tingkat peradangan, dan meningkatkan kadar antioksidan plasma yang tinggi.

Selain itu, orang Asia menggunakan bubur buah kelengkeng untuk menyembuhkan luka, alergi, flu, dan penyakit radang lainnya. Lapisan luar, pulp, dan biji buah kelengkeng memiliki phytochemical anti-inflamasi seperti asam galat, epicatechin, dan ellagic acid.

Senyawa ini menghambat produksi bahan kimia proinflamasi seperti prostaglandin, histamin, nitrit oksida, dan faktor nekrosis jaringan (TNF) dalam tubuh, menurut jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine.

Karena banyaknya vitamin B dan C, manfaat buah kelengkeng juga memberikan penyembuhan dan mengobati kondisi peradangan kronis seperti edema, GERD, penyakit iritasi usus (IBS), alergi kulit, luka bakar, psoriasis, dan penyakit Crohn.

5. Mengobati Anemia Dan Kekurangan Zat Besi

Ekstrak kelengkeng, bersama dengan herbal asli lainnya, digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk menyembuhkan anemia, trombositopenia, dan gangguan terkait darah lainnya.

Dalam Peer Journal, diidentifikasi bahwa wanita perkotaan yang tidak mengonsumsi zat besi dengan takaran yang dianjurkan WHO (<5 porsi buah atau sayuran per hari) berada pada risiko yang lebih tinggi dari anemia sedang dan berat.

Buah kelengkeng kering mengandung 1,5 mg zat besi per ons. Mengonsumsi buah ini akan meningkatkan jumlah trombosit dan konsentrasi hemoglobin, terutama pada wanita yang sedang menstruasi dan hamil. Ini menjadi manfaat buah kelengkeng yang lainnya.

6 . Anti-penuaan Kulit

Menurut satu teori yang tidak diverifikasi dari jurnal National Library of Medicine, ada senyawa antioksidan kelengkeng (yang mungkin menetralkan radikal bebas) dan potensi pengurang glukosa dan kepekaan insulin yang memengaruhi anti-penuaan.

Para peneliti mengeksplorasi apakah kelengkeng dapat mengurangi glikasi dalam sel, suatu proses yang berteori untuk berkontribusi pada penuaan. Glikasi adalah suatu proses di mana protein dan DNA penting diubah dan aktivitasnya diubah.

Proanthocyanidins dalam buah lengkeng tampaknya meningkatkan respons terhadap insulin pada hewan. Secara teoritis, ini dapat membantu mencegah komplikasi dan masalah kesehatan terkait penuaan pada orang dengan diabetes.

7. Dapat Membantu Turunkan Berat Badan

Buah kelengkeng dapat membantu menghilangkan lemak tubuh. Menurut sebuah penelitian tahun 2009 di Journal of Functional Foods, ekstrak kelengkeng yang kaya polifenol secara signifikan mengurangi berat badan, lingkar perut, dan lemak visceral dibandingkan dengan penggunaan plasebo.

Jumlah kalori, lemak, dan karbohidratnya yang lebih rendah menjadi salah satu manfaat buah kelengkeng yang bisa menjadi pengganti alternatif untuk makanan olahan yang sarat gula dalam makanan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

8. Sarat Manfaat untuk Ibu Hamil

Wanita terkadang mengalami penurunan stamina akibat kelelahan dan perutnya semakin membesar, sehingga menjadi tidak bersemangat dan lemas. Nah, dengan mengkonsumsi buah kelengkeng akan membantu memulihkan stamina karena mengandung glukosa dan sukrosa. Selain itu jika diminum secara rutin sangat bermanfaat untuk mengatasi keluhan tidur saat hamil.

Selain itu Kelengkeng juga Mengatasi Masalah Pencernaan Pada Ibu Hamil.  Pada awal kehamilan biasanya ibu hamil mengalami gejala morning sickness seperti mual dan muntah. Gejala lain yang dialami ibu hamil adalah susah buang air besar, perut kembung dan diare.

Dengan mengkonsumsi buah kelengkeng akan membantu mengatasi masalah tersebut. Hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengandung lemak dan protein nabati yang berguna untuk merangsang proses metabolisme.

Manfaat lain bagi ibu hamil adalah sebagai Obat Cacing Bagi Ibu. Buah kelengkeng memiliki khasiat sebagai obat cacing alami karena mengandung asam tartat. Mengkonsumsi obat-obatan selama kehamilan tentunya tidak dianjurkan karena dapat membahayakan janin. Oleh karena itu, buah lengkeng dapat menjadi salah satu solusi pengobatan alami untuk ibu hamil dalam mengatasi cacingan.

Mengobati Retensi Urin dan Obstruksi Saluran Kemih selama Kehamilan juga menjadi manfaat dari buah Kelengkeng. Karena perut yang semakin membesar, ibu hamil tidak hanya mengalami kesulitan buang air besar, tetapi juga kesulitan buang air kecil. Kondisi ini disebut juga retensi urin dalam bahasa kedokteran. Retensi urin dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan rasa sakit pada ibu hamil.

Untungnya, ada banyak obat herbal untuk penyakit ini. Salah satunya adalah buah kelengkeng, dan satu lagi manfaat minyak primrose bagi kesehatan.

Manfaat Bunga Kelengkeng

Bunga Kelengkeng memiliki kandungan yang tidak kalah banyak dengan buahnya. Seperti polifenol, dan beberapa kandungan lain. Lebih detilnya bisa disimak di bawah ini.

1. Mencegah penyakit Parkinson

Ekstrak Polifenol pada bunga kelengkeng ternyata mampu mencegah penyakit parkitson. Sebuah studi jurnal National Library Health of Medicine menyebutkan bahwa kalengkeng dapat memperbaiki kenarja otak sehingga mampu mencegah penyakit parkinson.  

2. Memperbaiki Memori

Selain mencegah penyakit Parkinson, bunga kelengkeng juga bisa bermanfaat melindungi memori otak. Kandungan polifenol mampu mencegah peradangan otak dan memperbaiki kinerja otak. Sehingga system kerja memori otak tidak terganggu. 

3. Mengobati Anemia Dan Kekurangan Zat Besi

Ekstrak kelengkeng, bersama dengan herbal asli lainnya, digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk menyembuhkan anemia, trombositopenia, dan gangguan terkait darah lainnya.

Manfaat Biji Kelengkeng

Biji kelengkeng juga memiliki banyak manfaat. Biji kelengkeng sering digunakan sebagai bahan obat tradisional tiongkok atau juga sering dijadikan obat kecantikan. Ekstrak biji kelengkeng juga memiliki sarat manfaat bagi kita. Beberapa manfaat biji kelengkeng diantaranya.

1. Untuk Kecantikan

Biji kelengkeng bisa digunakan untuk kecantikan. Ekstrak dari biji kelengkeng dijadikan sebagai campuran untuk obat kecantikan. Hal ini dikarenakan kandungan pada biji kelengkeng bangak mengandung nutrisi penting untuk kesehatan.

2. Sebagai Obat Tradisonal

Kelengkeng diketahui banyak mengandung kandungan penting. Mulai dari bagian buah, Bungan hingga biji. Biji kelengkeng sering digunakan untuk menyemb uhkan beberapa macam penyakit. Seperti Penyakit Batu Ginjal, masalah Berat Badan,  Diabetes,  gangguan tulang.

3. Obat Kulit dan menetralisir Racun

Selain dijadikan sebagai obat tradisional. Biji kelengkeng dipercaya mampu mengatasi luka dan masalah pada kulit serta racun. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa biji kelengkeng bisa mengatasi racun ular, kala jengking, dan racun binatang lainnya. Kandungan biji kelengkeng dipercayay mampu menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh.

Biji kelengkeng juga bisa menyembuhkan luka bakar dan gatal-gatal pada kulit. Caranya juga sangat gampang, cukup di tunbruk halus, kemudian dilumuri pada bagian yang gatal atau terkena minyak. 

Manfaat Daun Kelengkeng

Daun Kelengkeng juga memiliki banyak manfaat. Namun diantara beberapa manfaat daun kelengkeng, manfaat yang paling diburu adalah kandungannya yang sangat penting untuk mengatasi gangguan dan penyakit  serta menjaga tubuh untuk tetap sehat dan bugar. Adapun manfaat-manfaat dari daun kelengkeng diantaranya:

1. Antioksidan

2. Menghambat pertumbuhan sel-sel kanker

3. Meredakan peradangan

4. Meredakan demam

5. Menghentikan diare

6. Mengurangi rasa sakit

7. Menghentikan perdarahan

8. Mengatasi cacingan

9. Memperlancar peredaran darah

10. Mengurangi rasa sakit kepala

11. Mengatasi keputihan

12. Memperlancar buang air kecil

13. Memperbaiki ekosistem di usus

Itulah Manfaat dari buah, bunga, biji, dan daun kelengkeng. Jadi saatnya kita untuk melestarikan dan menanam buah kelengkeng di sekitar  kita. Karena selain manfaat dari buah, bunga, dan sebagainya, menanam kelengkeng di sekitar kita juga bermanfaat untuk penghijauan, sebagai investasi oksigen, dan tentunya untuk kesehatan sekitar. 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Lengkeng

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-kelengkeng-yang-tidak-terduga/

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/2668734/3-khasiat-biji-kelengkeng-buat-kesehatan-yang-belum-kamu-tahu

https://www.bola.com/ragam/read/4136510/8-manfaat-buah-kelengkeng-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-bantu-atasi-rambut-rontok

https://www.fimela.com/beauty-health/read/3848003/biji-kelengkeng-untuk-jaringan-tubuh-anda

https://www.jualbenihmurah.com/blog/21-manfaat-dan-khasiat-tanaman-buah-kelengkeng-yang-wajib-anda-ketahui-tenyta-sangat-baik-untuk-kesehatan-tubuh-dan-kecantikan-kulit-kita

https://hot.liputan6.com/read/3996986/kaya-nutrisi-ini-6-manfaat-menakjubkan-kelengkeng-untuk-kesehatan

3 komentar:

  1. Ternyata buah kelengkeng banyak manfaatnya ya mba.

    BalasHapus
  2. Matur nuwun, terima kasih. Ternyata tidak hanya buahnya yang manis dan segar, daun dan bijinya pun sangat bermanfaat.

    BalasHapus