Kamis, 03 September 2020

Cara Menentukan Titik Koordinat Menggunakan Ponsel Android

Perkembangan teknologi sangat membantu memberikan kemudahan kepada penggunanya. termaduk dengan kehadiran smartphone atau ponsel pintar yang banyak menyajikan aneka fitur yang sangat bermanfaat.

Salah satunya adalah fitur penentukan titik lokasi berdasarkan letak astronomi atau yang dikenal dengan titik koordinat. Fitur ini sangat bermanfaat khususnya bagi yang bekarja di lapangan termasuk juga di hutan. 

Fitur titik koordinat ini menyajikan lokasi terakhir dimana gambar baik foto atau video itu diambil. Sehingga letak titik tersebut tidak bisa diubah karena sudah berdasarkan letak astronomi lokasi pengambil gambar.

Titik koordinast sendiri merupakan bilangan yang dipakai untuk menunjukkan lokasi suatu titik dalam garis, permukaan, atau ruang. (Kamus besar bahasa Indonesia). Biasanya titik koordinat ini menyajikan titik lokasi berdasarkan garis bujur dan garis lintang suatu tempat. Jadi apabila kita bergeser beberapa meter saja, maka angka dalam titik kordinat tersebut berubah. 

Penggunaan titik koordinat ini sangat diperlukan. Termasuk dibidang kehutanan. Karena secara garis besar, titik koordinat bermanfaat untuk mengetahui posisi suatu objek. Dengan mengetahui posisi tersebut, maka akan mempermudah untuk Kembali atau mencari objek di lain waktu. 

Untuk mendapatkan titik koordinat bisa menggunakan beberapa alat seperti ponsel android atau bisa juga menggunakan GPS. Khusus menggunakan Ponsel android sendiri juga bisa menggunakan beberapa cara seperti kamera dan juga bisa langsung menggunakan aplikasi penentuan titik koordinat.

Cara Menentukan Titik Koordinat Dengan Kamera

1. Aktifkan GPS ponsel 

2. Buka kamera kemudian ambil objek 

3. Lihat hasil gambar lalu pilih lainnya atau titik tiga di bagian bawah

4. Setelah muncul beberapa menu pilihan, maka pilihlah Tampil di peta

5 Berikutnya pilih pemberian nama atau label


Cara Menentukan Titik Korrdinat Menggunakan Aplikasi

1. Unduh aplikasi di playstore

2. Buka kamera

3. Setting photo

4. Pilihlah Stamp Photo, pada stamp photo ini silahkan klik menu mulai dari date stamp (tanggal), time stamp (waktu pengambilan gambar), GPS stamp (titik kordinat), dan Costume text (untuk label foto). 

5. warna keterangan koordinat juga bisa diganti sesuai dengan kondisi gambar yang diambil. Kalua gambarnya gelap, maka sebaiknya pilih warna font yang lebih cerah

Itulah cara menentukan titik kordinat melalui ponsel android. Adapun untuk pengaturan atau settingan pada cara atau dua tergantung jenis ponsel dan aplikasi yang di download. Untuk informasi dan tutorial lebih lengkap bisa lihat dan download materi di bawah ini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar