Senin, 23 September 2019

Menanam bersama KKN Partisipatif Tahun 2019 Instika Annuqoyyah




Aksi lingkungan di desa Batudingding Gapura merupakan tapak bakti cinta terhadap alam. Aksi tersebut diakomodir oleh peserta KKN Partisipatif 2019 Instika Annuqayah yang kebetulan mereka juga ikut serta dalam penghijauan tersebut. Mengadakan aksi penghijauan guna agar seluruh pemuda desa Batudingding Gapura mengetahui cara menanam dan menjaga tanaman dengan baik, karena hidup sehat nan hijau asri adalah bentuk dari sebuah menambah keimanan seseorang.


Penghijauan dan penanaman pohon ini bekerjasama langsung dengan Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep, Kapolsek, Koramil Gapura, Yayasan Manhalul Irfan dan aparatur desa Batudingding. Melaksanakan penghijauan yang dikemas dengan penanaman pohon bibit produktif seperti, pohon klengkeng, pohon durian, pohon rambutan, dan pohon mangga.

Menurut Bapak Miftahul Arifin selaku Dinas Perhutanan Wilayah Sumenep Bahwa "Memanfaatkan kelestarian sumber daya alam yang ada Indonesia adalah bagaimana kita dapat menjaga dan memelihara alam dengan baik dari pepohonan kecil kiri kanan jalan yang tentunya tidak dimiliki oleh negara lain. Karena pemanasan global menyebabkan siklus pergantian musim yang saat ini nyata tidak ada hujan yang menyebabkan kekeringan. " (Tuturnya).


Aksi nyata dari penghijauan dengan penanaman pohon dapat mencegah memburuknya kondisi lingkungan, juga dapat memberikan stimulus udara alam yang segar dan kelestarian lingkungan. Komandan Koramil Gapura, mengatakan, pihaknya menurunkan pemuda Pelajar desa, dan peserta KKN Desa Batudingding untuk melakukan penghijauan. 

Harapan besar salah satu aparatur desa Batudingding Gapura "tetap terjalin kerjasama dengan Cabang Dinas Perhutanan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep, serta tidak hanya pemuda Pelajar yang ikut menanam akan tetapi seluruh warga desa Batudingding Gapura Sumenep ikut berpartisipasi. Karena menurut dari konferensi dunia bahwa lingkungan yang sehat dari suatu luasan wilayah 30 % adalah merupakan hutan sebagai penghasil oksigen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar