Jumat, 27 September 2019

Lokakarya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship di Bidang Kehutanan Oleh DPD IPKINDO Sumenep

lokakarya ikindo sumenep ipkindo jatim nur fadhilah syahrawi

DPD IPKINDO Kabupaten Sumenep menggelar kegiatan lokakarya bertajuk "Menumbuhkembangkan Jiwa Entrepreneurship yang Kreatif dan Berdaya Saing di Bidang Kehutanan". Acara ini digelar di Pamekasan pada hari Rabu (35/09/2019).

Pada lokakarya ini, panitia mengundang dua pengusaha muda yakni Dini Suryandari dan Happy Kurniawan. Dini Suryandari adalah owner Batik Art Jawara Pamekasan, sedangkan Happy Kurniawan merupakan suami dari Dini Suryandari sekaligus bagian promosi untuk usaha batik yang tengah digelutinya.

Dini Suryandari selaku pengusaha muda, menyampaikan materi tentang teknik membatik dengan teknik Ecoprint menggunakan bahan alami yakni daun yang diambil dari alam. Dengan teknik membatik ini, diharapkan bisa meningkatkan kreatifitas peserta yang hadir dalam memanfaatkan kekayaan alam yang ada yakni Hutan. Adapun Happy Kurniawan menyampaikan materi tentang kewirausahaan atau entrepreneurship dengan memanfaatkan media yang ada.

Dua komponen tersebut haruslah berjalan seiring. Kreatifitas dan jiwa kewirausahaan seperti saling melengkapi. Dua komponen itulah yang menjadi senjata utama saat ini dalam persaingan di era globalisasi. Terutama dengan memanfaatkan media online yang saat ini memang sudah merambah pada pangsa pasar menengah ke bawah sekalipun.

Kedua materi utama tersebut kemudian ditutup dengan kegiatan praktek, yang pertama membuat batik dengan menggunakan teknik Ecoprint. Setelah praktik membuat batik, kemudian dilanjutkan dengan praktik membuat sabun dengan bahan dasar yang juga alami. Kegiatan ini sekaligus memberikan pengalaman luar biasa kepada peserta yang hadir. Tidak hanya ilmu baru, juga pengalaman yang baru juga.

lokakarya ikindo sumenep ipkindo jatim nur fadhilah syahrawi
Hasil praktik membatik dengan teknik Ecoprint


Berikut Susunan Acara Pada Kegiatan Lokakarya Tersebut:

1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu  Indonesia Raya
2. Sambutan
3. Doa Penutup
4. Materi Membuat Batik Ecoprint oleh Ibu Dini Suryandari
5. Tips Marketing oleh Bapak Happy Kurniawan.
6. Praktek Membuat Batik dengan teknik Ecoprin
7. Praktek Membuat Sabun

Itulah kegiatan yang diselenggarakan oleh DPD IPKINDO Sumenep dengan bekerja sama dengan Batik Art Jawara Pamekasan. Sedangan untuk uraian materi, akan kami sajikan khusus di kolom Artikel. Semoga Bermanfaat. (ink)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar