Selasa, 01 Oktober 2019

Tips Sukses Marketing di Dunia Online

tips sukses nur fadhilah syahrawi IINK

Dunia Online bukanlah hal yang baru bagi masyarakat Indonesai saat ini. Hampir tiap hari masyarakat menikmati indahnya berselancar di Internet. Browsing, Media Sosial, hingga jual beli online menjadi ruang baru bagi kehidupan manusia disamping dunia nyata yang dialami sehar-hari.

Bagi sebagian orang, dunia online sering digambarkan dengan kata "mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat". Sepintas bagi sosialita dan pengguna sosial media hal itu masuk akal. Namun bagi pebisnis, keberadaan dunia online seperti membuka pintu rejeki baru. Dunia internet bisa berubah menjadi pundi-pundi emas bagi yang pandai memanfaatkan marketing di dunia online atau yang dikenal dengan Internet marketing.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dipahami agar sukses memanfaatkan marketing di dunia online atau Internet marketing. Menurut Bapak Happy Kurniawan, tips marketing di dunia online tersebut diantaranya:

1. Branding
Branding merupakan hal yang utama dalam memasarkan produk di dunia maya. Branding dalam hal ini tidak hanya meningkatkan branding produk kita, tetapi juga branding diri kita. Oleh karena itu, mulailah dengan memposting yang baik-baik. Jangan memposting yang sensitif seperti politik dan sebagainya. Karena kita akan semakin kehilangan kepercayaan dan calon costumer yang berlawan pemikiran. Tetapi postinglah yang positif seperti tips, edukatif, parenting, dan hal yang berkenaan dengan produk kita.

2. Jaga Kode Etik Seller
Menjadi penjual ataupun marketing sangat penting untuk menjaga kode etik sebagai seller. Ada banyak hal yang harus dipatuhi. Salah satunya adalah jangan menceritakan keburukan pembeli satu ke pembeli lainnya, membandingkan antara pembeli dengan pembeli yang lain dan semacamnya. Karena hal itu akan seperti melubangi kolam penghasilan kita.

3. Relasi
Silaturrahmi dapat menambah rejeki. Hadist tersebut menjadi kunci untuk mengembangkan usaha. Menjalin banyak komunikasi, silaturrahmi, dan menambah relasi adalah salah satu hal penting dalam Marketing di dunia maya. Walaupun target konsumen kita di dunia online, tetapi memperbanyak relasi, berkomunikasi, dan silaturrahmi dalam dunia nyata atau Real Life sangatlah penting.

4. Harga
Harga merupakan magnet terbesar dalam dunia marketing. Wajar jika perusahaan-perusahaan besar  melakukan promo dan diskon-diskon untuk menarik minat pembeli. Namun dalam hal ini, memberikan harga hendaknya disesuaikan dengan beberapa aspek, seperti modal, persentase keuntungan, hingga pasar. Jangan menjual harga terlalu murah di bawah harga pasar karena akan merusak pasar yang lain, dan tentunya akan mengurangi kepercayaan pembeli. Begitu juga sebaliknya.

5. Kenyamanan Calon Pembeli
Di dunia online semua hal bisa di promosikan dengan mudah dan gratis. Namun dalam mempromosikan barang hendaknya kita juga memperhatikan kenyamanan calon pembeli produk kita. Seperti halnya jangan men-tag barang kepada orang lain, atau spam gambar produk di grup atau story Whatsapp/Instagram. Realitanya, banyak yang mempromosikan dengan menyepam barang di story Whatsapp dan Instagram. Alhasil kolom storinya sampai kecil-kecil dari banyaknya yang di tampilkan. Hal ini membuat orang lain malas membuka produk kita bahkan tak jarang apabila produk kita muncul di beranda ataupun di story akan di skip.

6. Nama Toko
Memberi nama toko adalah hal mutlak dalam sebuah marketing. Apalagi di dunia online dimana kepercayaan menjadi hal utama baik pembeli ataupun penjual. Oleh karena itu, buatlah nama toko yang mewakili produk atau pemilik. Sehingga brand tersebut akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh pembeli jika mereka puas dengan hasil produk kita.

7. Sajikan Foto Dengan Lengkap
Salah satu keutamaan dalam bisnis di dunia online adalah kita tak perlu memiliki etalase yang besar untuk memajang produk kita. Cukup sajikan saja foto barang kita dengan beberapa view. Tidak hanya foto barang, foto testimoni juga penting untuk disampaikan. Akan tetapi, sajian foto sebaiknya jangan di grup Whatsapp, namun bisa di sajikan di facebook, store aplikasi jual beli, atau bahkan di web pribadi. Sehingga tidak mengganggu kenyamanan orang lain dan tentunya meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

8. Jangan Sukses Sendiri
Setiap langkah upayakan melibatkan orang lain. Jangan pernah berfikir akan sukses sendiri. Bekerjasamalah dengan teman, rekan kantor, ataupun mencari reseller untuk meningkatkan promosi produk kita. Semakin kita banyak relasi, teman, jaringan, ataupun reeseller maka circle bisnis kita akan semakin meluas. Tentunya semakin meluas, maka potensi untuk menjual produk kita semakin besar.

9. Doa dan Tawakkal
Tidak ada keberhasilan tanpa kehendak-Nya. Semua merupakan ketetapan dari Allah. Oleh karena itu tingkatkanlah nilai ibadah kita, perbanyak berdoa, dan tentunya bertawakkallah kepada Allah. Semua yang terjadi pada kita adalah kehendak-Nya. Sangat wajib bagi kita untuk melabuhkan usaha kita kepada-Nya. Insya Allah tidak ada usaha yang sia-sia.

Demikian tips Sukses Marketing di dunia Online atau Internet Marketing. Tips-tips disampaikan oleh Bapak happy Kurniawan pada saat menjadi narasumber dalam "Lokakarya Menumbuhkembangkan Jiwa Entrepreneurship yang Kreatif dan Berdaya Saing di Bidang Kehutanan" yang diselenggarakan oleh DPD IPKINDO Sumenep. Kemudian kami sajikan lagi dengan bahasa yang berbeda namun inti dari yang kami sampaikan sama dengan yang disajikan oleh Bapak Happy Kurniawan. Selamat Mencoba, semoga bermanfaat. Ink

Tidak ada komentar:

Posting Komentar