Minggu, 22 September 2019

CDK Sumenep Turut Serta Kampanyekan Stop Kebakaran Hutan dan Lahan Oleh Polsek Lenteng

CDK Sumenep iink nurfadhilah syakrawi


Seperti yang diketahui, saat ini Indonesia tengah berada dalam masalah yang cukup serius. Kebakaran hutan di beberapa tempat cukup menyita perhatian. Tidak hanya dari kalangan masyarakat di Indonesia, negara-negara tetangga yang terkena dampak kebakaran hutan ini pun memberikan perhatian khusus pada yang terjadi saat ini.

Riau menjadi salah satu bukti nyata bahayanya kebakaran hutan dan lahan. Kabut asap menyebabkan kualitas udara sangat tidak sehat hingga berbahaya untuk kesehatan paru – paru.  Bencana ini mengakibatkan ribuan warga di Riau terserang penyakit seperti sesak nafas, batuk, pusing, iritasi mata, dan muntah – muntah.

Baru – baru ini, Polda Jambi memadamkan kebakaran lahan gambut milik salah satu perusahaan (Kompas, 11/9/2019). Kebakaran hutan dan lahan tersebut mengganggu aktivitas belajar mengajar disana. Langit muaro Jambi berubah memerah akibat diselimuti asap tebal. BMKG jambi menilai fenomena langit yang menguning hingga memerah merupakan akibat asap tebal yang menyelimuti. Kondisi tersebut menyebabkan sinar matahari tidak sampai ke bumi (Republika, 21/09/2019). Kondisi dapat kembali normal jika ada angin kencang dan guyuran hujan lebat. Tetapi hujan diprediksi masih di  pertengahan Oktober. 

Polres Sumenep aktif memberikan himbauan Stop Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Sumenep. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan Polsek-polsek di bawah naungan Polres Sumenep yang terus memberikan himbauan guna mencegah kebakaran hutan. Sumenep yang merupakan kabupaten paling Timur di Pulau Madura dikenal memiliki banyak hutan rakyat  baik di daratan ataupun di kepulauan. Hal inilah yang menjadikan salah satu alasan Polres Sumenep aktif memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar, termasuk juga yang dilakukan oleh Polsek Lenteng.

Polsek Lenteng bersama Forpimcam, CDK Wilayah Sumenep, serta elemen masyarakat sekitar memasang Banner Himbauan Stop Kebakaran Hutan dan Lahan di Hutan Rakyat yang terletak di Dusun Jalak, Desa Daramista Kecamatan Lenteng pada Jumat (20/09/2019) kemarin.

CDK Sumenep iink nurfadhilah syakrawi

CDK Wilayah Sumenep yang merupakan pihak dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur turut andil dalam kegiatan ini. Sebagai pihak yang berkecimpung di bidang kehutanan, CDK Wilayah Sumenep merasa terpanggil untuk turut berpartisipasi dan mendukung dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang diselenggarakan oleh kepolisian khususnya Polres Sumenep dan Polsek Lenteng ini. Bahkan mulai dari koordinasi, hingga pemasangan, CDK Wilayah Sumenep turut serta bersama Forpimcam dan masyarakat .

Oleh karena itu, kami (CDK Wilayah Sumenep) mendukung upaya kepolisian melakukan tindakan preventif yakni dengan pemasangan himbauan stop kebakaran hutan dan lahan di area rawan kebakaran. Selain itu,  kami juga menghimbau agar semua pihak sadar untuk tidak membakar lahan maupun hutan, sebab yang membakar ataupun tidak, sama-sama harus menerima dampaknya. (ink)

1 komentar: